Fokus Perbaikan Kualitas Pendidikan, Bupati Pessel, Hendrajoni Instruksikan Kadis Pendidikan untuk Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas

INDONESIASATU.CO.ID:

PESISIR SELATAN - Bupati Pesisir Selatan  Hendrajoni mengingatkan agar Kinerja Kepala Sekolah dan pengawas harus ditingkatkan karena akan selalu di evaluasi . Jika menunjukan kinerja tidak bagus,maka kepala sekolah  dan pengawas tersebut harus diganti.

Ini ditegaskan Bupati Pesisir Selatan  Hendrajoni Jumat (16/2) di Painan, dan dia menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan, Zulkifli  melakukan evaluasi kinerja kepala sekolah dan pengawas.

“Evaluasi dilakukan penting dan kalau hasil evaluasi  menunjukan kinerja mereka tidak bagus, maka bersiaplah untuk diganti”,ujarnya.
 
Ditambahkannya kepala sekolah  harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. mereka dituntut bekerja maksimal dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing. Pasalnya, pembangunan pendidikan ke depan lebih difokuskan pada kualitas.

Lebih lanjut dikatakan, terkait dengan dana BOS, kepala sekolah diminta merealisasikanya sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai BOS disalahgunakan atau dikorupsi. Kalau itu terjadi, maka yang bersangkutan  akan berhadapan dengan hukum.

Pengawasan terhadap penggunaan BOS harus dilakukan secara ketat sehingga tidak terjadi penyimpangan. BOS mesti direalisasikan untuk kegiatan atau operasional sekolah. 

“Saya tidak akan mentolelir oknum kepala sekolah yang bermain-main dengan dana BOS. Jika terbukti, maka oknum tersebut langsung dipecat dan diproses sesuai hukum”, tandasnya.

Beban pembangunan pendidikan ke depan semakin berat. Tahun 2019, sekitar 54 persen APBD tersedot untuk pembangunan sarana dan prasaranaa pendidikan, gaji/tunjangan guru dan aparatur pendidikan. (***)

  • Whatsapp

Index Berita